Kisaran UMP DKI Jakarta Tahun 2015

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Upah Minimum Provinsi atau biasa di singkat UMP DKI Jakarta tahun 2015 akan mengalami peningkatan, tapi berapakah kisaran kenaikan UMP Jakarta Tahun 2015? Mungkin itu pertanyaan yang ada di benak anda sekarang. Berdasarkan informasi yang diperoleh Upah Minimum Provinsi (UMP) DKI Jakarta tahun 2015 yang diminta oleh kaum buruh  Rp 3,7 juta tidak akan dipenuhi oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Hal ini dikarenakan nilai hasil dari rapat sidang pengupahan untuk kebutuhan hidup layak (KHL) tidak mencapai angka itu.
"Kita nggak mungkin bisa penuhi karena KHL nggak begitu. Kalau kamu cuma mau lakukan egois begitu ya bangkrut dong," kata Plt Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias  Ahok di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (4/11/2014).


Ahok menjelaskan bahwa yang ideal kenaikan UMP DKI tahun 2015 yakni sebesar 10 % yaitu diperkirakan Rp 2,4 juta sampai Rp 2,5 juta. Hal ini di sesuai dengan survey yang telah dilakukan sejak April sampai Oktober 2014 ini.
"Yang tepat sesuai KHL. Kalo survei KHL-nya Rp 2,4 juta sampai Rp 2,5 juta, ya naik 10% misalnya pikirkan inflasi bakal terjadi, ya paling jatuhnya Rp 2,7 juta. Dari mana dia dapat 3,7 juta?" tanya Ahok.

Masih menurut Ahok kalau berdasarkan survey untuk buruh yang mau bekerja maka nilai itu akan terbentuk. Menurutnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta harus imbang mendengarkan suara dari berbagai pihak yang terlibat seperti pengusaha dan buruh.
"Kadang-kadang kan itu aktivis-aktivis saja yang teriak-teriak seperti itu kan, buruh asli gimana. Yang penting bagi kita pemerintah, gaji ini keseimbangan bersama, gak bisa egois satu sektor," tutur Ahok kepada pers.

Menurutnya, survey KHL yang terpenting adalah jaminan untuk pendidikan dan kesehatan untuk buruh yang tidak mampu. Bahkan, survey juga dilakukan untuk perubahan. Namun, buruh malah menuntut yang lain. Dengan kisaran UMP DKI Jakarta 2015 ini tentu ada  pihak (buruh) yang merasa keberatan dengan standart UMP yang rencananya akan di terapkan pada tahun 2015.
u
Back To Top